• header
  • header
  • header
  • km

Selamat Datang di Website SMA NEGERI 2 LAHAT | Terima Kasih Kunjungannya.

Pencarian

Login Member

Username:
Password :

Kontak Kami


SMA NEGERI 2 LAHAT

NPSN : 10601348

JL. Jaksa Agung R. Suprapto Telp. (0731) 321278 Kab.Lahat Sumatera Selatan


sma2lahat@yahoo.co.id

TLP :


          

Banner

Jajak Pendapat

Bagaimana pendapat anda mengenai web sekolah kami ?
Sangat bagus
Bagus
Kurang Bagus
  Lihat

Statistik


Total Hits : 796863
Pengunjung : 131916
Hari ini : 68
Hits hari ini : 130
Member Online : 2
IP : 3.236.145.153
Proxy : -
Browser : Opera Mini

Status Member

  • YULIA NOVA (Guru)
    2019-02-19 18:21:30

    Lagi fokus persiapan USBN, UNBK, SNMPTN, dan SBMPTN
  • amat handayani (Guru)
    2016-11-22 00:04:32

    ayo gabung
  • amat handayani (Guru)
    2016-11-22 00:03:15

    5|2
  • ERLY FITHRIANI (Guru)
    2016-11-01 13:23:59

    Trimakasih untuk webnya
  • ARMANIAR (Guru)
    2016-10-13 17:25:54

    3|1
  • ARMANIAR (Guru)
    2016-10-13 17:03:41

    2|1

Hujan Diawal Tahun




Hujan adalah fenomena alam dimana air akan turun dari atmosfer ke permukaan bumi. Proses terjadinya hujan melibatkan kondensasi dimana uap air di atmosfer mendingin dan membentuk butiran air atau es

Hujan memiliki peran penting dalam kehidupan terutama menjaga ekosistem dan menyediakan kelembaban yang di butuhkan makhluk hidup di bumi. Namun pada bulan tertentu, sering kali hujan turun secara berlebihan yang dapat menyebabkan beberapa kerusakan. Pada artikel kali ini, kita akan membahas beberapa dampak hujan didaerah Lahat Sumatera Selatan.

Pada bulan tertentu, hujan di beberapa daerah di Indonesia turun secara berlebihan sehingga menyebabkan banyak kerusakan seperti di Desa Tanjung Payang yang terletak di Kabupaten Lahat Sumatera Selatan. Disana satu kawasan perumahan terkena dampak luapan air Sungai Lematang, yakni Perumnas Resident Tanjung Payang. Banjir ini terjadi dikarenakan tingginya intensitas curah hujan, tidak hanya di Desa Tanjung Payang namun beberapa desa seperti , Karang Dalam Ilir, Tanjung Tebat Ilir dan Rimbe Bedung juga merasakan dampak dari tingginya intensitas curah hujan. Intensitas curah hujan yang tinggi juga menyebabkan tanah longsor, kerusakan fasilitas dan terganggunya transportasi umum.

Untuk mengurangi dampak negatif tersebut, kita bisa mencegahnya dengan melakukan berbagai cara. Beberapa cara tersebut diantaranya ; seperti pengelolaan sistem drainase, penghijauan untuk pengurangi penggunduluan hutan, memberikan program edukasi masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan dan kita dapat berkontribusi langsung dalam mengurangi dampak negatif hujan. Dengan cara mengurangi penggunaan air yang berlebihan dan membuang sampah dengan benar.

Walaupun begitu, musim hujan membawa air yang berguna bagi masyarakat yang sebelumnya mungkin mengalami krisis air bersih pada saat musim kemarau. Musim hujan juga menurunkan tingkat kejadian kebakaran hutan dan lahan yang sering terjadi saat musim kemarau.

Hujan memegang peran penting dalam kehidupan bumi namun, hujan juga memiliki risiko dan dampak yang dapat merugikan bagi kehidupan manusia. Dengan tindakan mitigasi yang tepat dan menyadari betapa besar dampak yang akan dihadapi, kita dapat mengurangi risiko kerusakan yang disebabkan hujan dengan tetap menjaga keseimbangan hidup kita dengan alam.

( SFA, ANS )




Share This Post To :

Kembali ke Atas

Artikel Lainnya :




Silahkan Isi Komentar dari tulisan artikel diatas :

Nama :

E-mail :

Komentar :

          

Kode :


 

Komentar :


   Kembali ke Atas